Yuk, Kita PDKT Sama Talas

Yuk, Kita PDKT Sama Talas

Apa? Talas? , tanaman “liar” yang biasa tumbuh di pinggir jalan-jalan? Yang daunnya sering dipake jadi mainan sama anak-anak? Yaelaah, talas yang suka “liar” pake di PDKT-in, Buset dah! , Eits! Tunggu dulu. Don’t judge the book by its cover, seperti kata pepatah: Tak kenal, maka tak sayang. Makanya kenalan lebih dalam dulu yuk sama talas. Nama ilmiah dari talas adalah Colocasia Esculenta. Talas adalah salah satu dari beberapa tanaman yang bisa tumbuh di daerah tepian sungai atau rawa, karena tangkainya bisa menjulur kebawah air. Umbi talas adalah makanan pokok di daerah Afrika, India, tetapi juga bisa ditemukan di Jepang, Mesir, Suriname, Amerika Serikat, Fiji, dan Spanyol. Well, yang sedang baca artikel ini apa ada yang sudah pernah ke Jepang, Mesir, Suriname, Amerika, Fiji, dan Spanyol? Dan melihat bangsa talas mereka? Sejauh ini si talas cukup keren kan? J.

Sebagian orang masih bingung si talas ini gunanya apa sih? Tapi ternyata kegunaannya beragam lho. Apa aja tuh?

  1. Sebagai makanan pokok pengganti nasi, di beberapa daerah di Indonesia umbi talas dijadikan makanan pokok seperti di daerah Mentawi-Sumatera Barat, dan Irian Barat.
  2. Sebagai Sayuran, batang dan daun tanaman talas dapat diolah menjadi sayuran seperti Buntil.
  3. Menjadi bahan olahan Industri, umbi talas biasanya diolah menjadi keripik dalam jumlah besar oleh indutri-industri rumahan atau industri skala besar.
  4. Untuk Pakan ternak, batang dan daun talas selain bisa diolah menjadi sayur untuk makanan manusia dapat juga diolah menjadi pakan tenak.
  5. Tepung talas, selain dapat diolah menjadi keripik, umbi talas juga dapat diolah menjadi tepung. Tepung talas dapat digunakan sebagai bahan baku makanan ringan atau kue.

Sekarang sudah ada bayangan tentang talas itu kayak gimana kan? Nah, PDKTnya cukup sampai disini, pertama PDKT keponya ditahan dikit dulu hehe :D. Penjelasan tentang jati diri talas akan dibahas lebih luas di artikel-artikel berikutnya. So don’t miss it.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *